Kenapa sih bahasa Inggris itu penting?  Semua orang bilang bahasa Inggris itu penting, terutama jika kita ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Tapi kalau begitu, jika kita tidak ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, bahasa Inggris menjadi tidak penting dong? Oh. tentu saja bukan begitu! Ada banyak alasan mengapa bahasa Inggris itu penting. Berikut alasannya:

“Pengguna bahasa Inggris saat ini sudah lebih dari 1.7 miliar dari penduduk dunia.”

 

1. Bahasa terpopuler

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa dengan pembicara terbanyak. Wah sebenarnya berapa banyak sih orang yang menggunakan bahasa Inggris di seluruh dunia?  Walaupun terletak di posisi ketiga setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol yang menempati urutan pertama, bahasa Inggris memiliki lebih banyak orang yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka. Jadi, berapa banyak pengguna bahasa Inggris di dunia? Menurut Kieran McGovern, penulis The English Language: 100 FAQ, pengguna bahasa Inggris saat ini sudah lebih dari 1.7 miliar dari penduduk dunia. Wow! Jumlah yang fantastis bukan? 

 

2. Traveling

Traveling tidak hanya mengandalkan seberapa matang perencanaan liburan yang akan kita lakukan, traveling juga mengandalkan bagaimana kita bisa berinteraksi dengan warga lokal sehingga bisa lebih menikmati perjalanan yang akan kita lakukan. Terlebih jika kita melakukan traveling ke luar negeri, setidaknya pasti kita membutuhkan bantuan, meminta ditunjukkan jalan atau saran dari warga lokal lainnya sehingga diperlukan kemampuan yang cukup untuk berkomunikasi dengan mereka.  Bayangkan kalau kita tersesat dan tidak bisa bertanya kepada penduduk setempat karena keterbatasan bahasa yang kita miliki? Tentu saja tak mengenakkan bukan? Traveling yang direncanakan pun bisa jadi tidak berjalan sesuai dengan kehendak kita.

Berinteraksi dengan warga lokal akan menambah keseruan traveling kita.

 

3. Kesuksesan Belajar

Banyak yang bilang bahwa bahasa Inggris adalah bahasa ilmu pengetahuan modern. Jika kita berniat untuk mendalami sebuah cabang ilmu seperti Coding, Farmasi, Kedokteran, Ekonomi maupun cabang ilmu lainnya, mau tidak mau kita harus mempelajari bahasa Inggris. Alasannya adalah karena sumber bacaan maupun sumber belajar lainnya lebih banyak diterbitkan dalam bahasa Inggris. Bahkan di Indonesia pun, banyak universitas yang memberikan bahan bacaan semacam textbook atau jurnal ilmiah dalam bahasa Inggris. Tentu saja jika kita ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, hampir semua universitas terbaik dunia akan menjadikan bahasa Inggris sebagai syarat utama untuk mendaftar. Hal ini tidak hanya berlaku pada edukasi formal, namun juga berlaku untuk edukasi informal misalkan online learning. Banyak video, website, buku, dan hal lainnya yang menunjang pendidikan informal kita yang dipresentasikan dengan menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, mempelajari bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk memperdalam ilmu dan keterampilan kita.

 

4. Kesuksesan Karir

Belajar bahasa Inggris biasanya dikaitkan dengan meningkatnya jenjang karir. Lebih dari 50 negara di dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka. Ini berarti jika kita menguasai bahasa Inggris, kita bisa memiliki kesempatan untuk bekerja atau memiliki relasi kerja di negara-negara tersebut! Wah, kebayang dong betapa menyenangkannya bisa dapat karir cemerlang dan promosi yang cepat dengan menguasai komunikasi yang efektif dalam bahasa Inggris?

Bahasa Inggris memberikan kita kesempatan untuk memiliki relasi kerja dari berbagai negara di dunia.

Oh ya satu lagi, jika kita memiliki bisnis online, bahasa Inggris bisa membantu kita mengembangkan bisnis tersebut. Bisa banget dong, dengan menguasai bahasa Inggris, kita bisa menjaring konsumen dari luar negeri sehingga penjualan kita semakin banyak dan menguntungkan.

 

5. Anti tersesat di internet

Jika ingin menaklukan dunia internet dengan beragam isinya, kita harus paham bahasa Inggris. Walaupun beberapa fitur search engines dan websites sudah banyak yang dilokalisasi ke dalam bahasa-bahasa di dunia, namun kebanyakan isi internet menggunakan bahasa Inggris. Hal ini juga mencakup media sosial atau forum di mana kita bisa berinteraksi dengan banyak orang tanpa melihat letak geografisnya. Tanpa kemampuan bahasa Inggris, setidaknya kemampuan dasarnya, kita bisa-bisa tersesat dalam menggunakan internet. Kita akan sulit untuk mencari dan memahami informasi, serta bergabung di berbagai forum diskusi internasional. So, ga ada salahnya buat belajar dari sekarang supaya ga ketinggalan zaman!

Baca juga:

 

6. Menunjang minat dan hobi

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dapat memberikan akses kepada segala bidang yang kita sukai. Karena untuk saat ini, bahasa yang umumnya digunakan pada situs-situs, sosial media, bahkan petunjuk pada penggunaan software dan perangkat hiburan menggunakan bahasa Inggris. Kita bisa mengetahui berita terbaru ataupun mempelajari sendiri tentang musik, games, sains, seni, olahraga, atau apapun yang menjadi minat kita.

 

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Zaman sekarang, hampir semua orang merasa dapat berbicara dengan banyak bahasa atau bahkan hanya satu bahasa asing itu keren, dan akan bagus nantinya untuk jenjang karir mereka. Selain itu, orang-orang tahu betapa sulitnya untuk bisa berbicara dengan bahasa Inggris, sehingga mereka pasti akan menaruh rasa hormat kepada orang yang bisa melakukannya dengan baik. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan membuat orang-orang tertarik pada kita. Bisa-bisa, teman-temanmu minta diajarkan bahasa Inggris dan kita tahu ‘kan, menjadi guru les bahasa Inggris adalah pekerjaan yang menguntungkan dan banyak dicari.  So, nggak perlu ragu memulai untuk belajar bahasa Inggris. Dengan belajar sedikit demi sedikit secara tekun, kita bisa menguasai kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang efektif. Setelah itu, akan lebih banyak hal yang bisa kita lakukan dan capai!   Ditulis oleh: Puspa Bahari Disunting oleh: Talitha Amalia